Jumat, 25 November 2011

sahabat dunia dan akhirat

pagi yang cerah masih terdengar kicauan burung yang sangat merdu di atas langit yang biru terdengar suara berisikdari kelas XI IPA.1 di SMAN 2 toari
tiba tiba suara itu pun mereda saat guru masuk "assalmualaikum" salam sang guru "baiklah anak anak hari ini kalian kedatangan teman dari SMAN 1 toari namanya salsabila najwa hasanah bapak harap kalian bisa berteman akrab dengannya " dari pintu kelas munculah seorang gadis matanya bundar alisnya tebal wajah nya putih nan cantik tanpa sedikit pun kosmetik dan tampak lebih anggun dengan balutan kerudung hingga pinggangnya ,pak guru menyuruhnya untuk duduk dibelakangku sesaat setelah itu bel tanda istirahat pun berbunyi terdengar jelas di telingaku kata kata menyakitkan keluar dari mulut teman teman ku ada yang bilang"sok alim lah" apalah. tentu aku tahu bgaimana sakitnya di acuhkan oleh teman teman karna itu merupakan makanan sehari hariku .ia ber nasib sama sepertiku sejak pertama aku sekolah di sini tak ada seorang pun di aqntara mereka yang mau mendekati ku mereka selalu mengataiku egois,sok pintar sombong dan pokoknya semuanya yang jelek jelek ,aku perhatikan ia sangat ramah ia selalu mengulum senyum kepada semua teman teman tapi di antara mereka justru mengatainya kata kata yang menyakitkan untuk ukuran gadis sepolos dia. aku membalik kan tubuhku kearahnya "hay ,namaku Reni Nuraeni Mirayanti mahmud "sapaku " oh panggil saja saya salsa " jawabnya "kamu kenapa pindah?,padahal setahuku sekolahmu merupakan sekolah vavorit? "tanyaku blak blakan "banyak hal yang membuatku di -DO dari sekolah itu sebenarnya bukan hanya aku tapi banyak temanku yang lain di-DO kira kira ada 15 orang " jelasnya "memangnya kenapa? ada masalah apa? "tanyaku penasaran "begini,disana tidak boleh siswi seragamnya tersambung membentuk jilbab ,kami sudah banyak sekali mendapat teguran dan akhirnya di-DO "jelasnya "memangnya kenapa seragam di sambung?"tanyaku, ia hanya tersenyum dan mengambil sesuatu dalam tas putih nya "ini jawabannya ada di sini, baca saja "
aduh aku kan malas membaca buku pelajaran saja malas apa lagi buku bacaan seperti ini ,tapi kuterima saja buku itu *****

udara pagi mengusup masuk ke seluruh ruangan kamarku tercium wangi bunga anggrek di depan jendela kamarku tidur ku terjaga ku beringsut turun dan membuka jendela , angin pagi sangat menyejukkan tak pernah selama hidupku ku merasakan seperti ini ku tengok buku pemberian salsa kemarin ku buka lembaran pertama , lembaran demi lembaran pun ku baca, kurasa tenggorokanku kerin hingga ku langkah kan kaki menuju dapur "bi,mama sama papa mana?"tanyaku sambil membuka kulkas "ibu sama bapak baru saja pergi ke luar negeri.mungkin minggu depan baru pulang "jelasnya , tak kurasa air mataku meleleh aku ingin suatu saat bisa berkumpul dengan keluargaku. kutepiskan hal mustahil itu .cepat cepat aku bersiap diri ke sekolah .dari buku ini aku mempelajari banyak hal , namun ada beberapa hal yang tidak aku mengerti .rasa ingin tahuku semakin  bertambah . kulewati, hari hari sekolah ku bersamanya,kulontarkan pertanyaan pertanyaan ku kepada nya .ia pun menjelaskan secara detil hingga aku mengerti .rasa sedihku sedikit demi sedikit terobati
dengan hadirnya salsa.ia adalah sahabat yang mau menerima kondisiku,keluhanku , curhatku dan yang paling penting ia selalu memberiku motivasi . ternyata ISLAM adalah solusi segala masalah .**********
pukul 03.00 sore ,di halte dekat rumah ku .kutengok ke arah timur tempat biasanya bus umum muncul ,ternyata belum tiba . kulihat jam tanga yang melekat tangan kananku .tak terlihat awan gelap hujan
"aduh, kok nggak ada bis sih , motorku rusak lagi." ucapku kesal terdengr suara memanggilku, kutengok ke asal suara itu ,ternyata salsa sudah tersenyum lebar di sebelahku .bukannya aku kaget dengan kehadirannya  tapi, aku kaget karena ia memakai sepeda ke rumah ku . karena setahuku rumahnya jauh dari rumahku "mau kemana?" tanyanya "mau ke pasar,kamu mau kemana?" tanyaku kembali "mau ngaji ikut yuk ,nanti sama sama pergi ke pasar deh"ucapnya "mau naik sepeda???" tanyaku tak percaya "ya iyalah emang nya mau naik apa ?"tanyanya kembali
akhirnya aku pun ikut ngaji  ternyata ngaji itu asyik sekali baru kusadari bahwa saat ini aku tertinggal sekali masalah agamaku sendiri. sebenarnya dari salsa aku sudah tau kalau jilbab itu wajib ,namun aku sulit untuk menerapkannya . tapi kesulitan itu terkalahkan saat aku kudengar siksaan ALLAH bagi siapa saja yang tidak menjalankan kewajiban yang telah ditetapkan.
setelah kami selesi mengaji ,saat itu juga uangku yang sebenarnya ingin kubuat untuk membeli baju ,kugunakan untuk membeli kerudung
malam ini kurasa ada keajaiban yang diberikan ALLAH kepadaku malam ini aku bisa makan malam bersama keluargaku ,sholat berjamaah bersama ,dan nonton tv bersama , kurasa ini adalah mimpi belaka dan aku tidak ingin bangun dari mimpi ini tapi, ini bukan mimpi ini kenyataan sujud syukur aku panjatkan kepada ALLAH yang telah memberiku nikmat tak ada lagi yang kuragukan atas kuasaNYA
tekadku sudah bulat hari ini aku akan memakai kerudung yang kemarin kubeli ,kutepiskan rasa takut atas ejekan dan cacian teman teman seperti halnya salsa . pagi pagi sekali aku datang ke sekolah ,menikmati suasana indah pagi itu .tatapan ku menerawang jauh ke masa lalu seandainya aku tidak bertemu salsa mungkin aku tak seperti ini ,kutelusuri koridor sekolah saat menuju kelasku namun saat aku masuk tidak ada satu pun teman yang datang "assalamualaikum pak kok sampai sekarang kok belum ad teman yang datang "tanyaku  lalu aku pulang dengan lesu hari tanpa salsa tak menyenangkan lalu aku melihat rumah salsa disana banyak orang yang berkumpul di rumahnya kemudian aku bertemu dengan ibunya salsa "apa yang terjadi"tanyaku lalu ibu itu menjawab "penyakit thalassemia yang bertahun tahun hinggap ditubuhnya kini atas ijin sang khalik merengut nyawanya:" kata ibu itu
lalu aku menangis dan akan kujadikan salsa sebagai SAHABAT DUNIA DAN AKHIRAT    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar